.quickedit{ display:none; }

6.16.2011

CINTA dan Pasir dalam Genggaman

Sadar gak sich…? Terkadang memiliki rasa cinta yang terlalu berlebihan, justru menjebak kita dalam sebuah sikap yang kurang menyenangkan (bagi kita, dan juga bagi orang yang kita cintai tersebut). Pernah denger yang namanya Over protected khan? Nah.. sikap itu adalah manivestasi dari rasa takut kehilangan seseorang terhadap orang yang dicintainya.

Mencintai seseorang layaknya memegang pasir dalam genggaman.
Semakin kencang kita menggenggam, maka akan semakin banyak pasir yang akan keluar dari celah-celah jari kita.
Begitu pula sebaliknya, jika kita memberi ruang untuk pasir itu (misal dengan menengadahkan tangan) maka akan semakin banyak pasir yang tertampung didalam telapak tangan.

Teaching point dari filsafat ini:
Semakin kita mengekang seseorang, maka keinginan orang itu untuk berontak akan semakin tinggi. Bahkan, bisa jadi orang tersebut akan menjauhi kita karena tidak kuat dengan ikatan-ikatan yang kita berikan.
Sebaliknya, jika kita memberikan ruang gerak dan kepercayaan padanya, justru ia akan semakin memegang kepercayaan yang telah kita berikan tersebut, dan tidak membuatnya menjauhi kita.


Maka, jika kamu mencintai seseorang (misal, cinta seorang ibu kepada anaknya, cinta seorang suami kepada istrinya, cinta seseorang pada kekasihnya, dll) jangan terlalu mengekangnya. Ga ada salahnya kita membiarkan ia jalan-jalan atau nongkrong bersama teman-temannya tanpa kamu untit selama 24 jam nonstop. Toh, kamu masih bisa memantaunya via telepon. Dan ga ada salahnya kita memberinya kepercayaan untuk bergaul dengan teman-temannya, insyaAllah dia akan semakin mencintaimu atas kepercayaan yang sudah kamu berikan. Percaya deehhh! ^_^v

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar